test
Loading...

GHOST TO FLASHDISK

 - BACKUP / RESTORE WINDOWS 7 DENGAN GHOST (BAG.3) -

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang BackUp n Restore windows dengan Ghost (Bag. 1) dan BackUp n Restore Windows dengan Ghost (Bag. 2) dimana ghost bekerja bersama sama dengan Hiren's Boot CD, karena file ghost terdapat didalam Hiren's Boot CD.

Setelah sekian lama berlalu, baru kutahu ternyata eh ternyata Norton Ghost (Ghost) bisa beroperasi sendiri tanpa Hiren's Boot CD (HBCD)..

Lumayan bisa menghemat tempat Flashdisk,  file HBCD.10 itu sekitar 186 MB dan  HBCD.15 kurang lebih 594 MB, nah apabila file Ghost-nya saja itu hanya sekitar 3,4 MB. Sangat mubadzir  Pemirsah apabila kita hanya butuh file Ghost-nya saja 3,4MB kita memakan tempat sampai 594 MB. Terlebih apabila kapasitas Flashdisk kita sangat terbatas dan dipake untuk media penyimpanan sementara file lain, maka habislah tempat oleh HBCD. Kebetulan banget aq punya Flashdisk lama yang ta' terpakai dengan kapasitas kurang dari 1G, Ghost 2flashdisk ini merupakan kabar baik tentunya untuk dijadikan media backup n restore windows.

Planing ....
Sebenarnya Flashdisk yang aku punya ini khusus akan kujadikan BOOT Media tidak akan kupakai untuk menyimpan file lain hanya ku isi file Ghost buat restore windows apabila tiba-tiba Windows merengek dan ngadat.
 Gambar - Norton Ghost dan Flashdisk

Setelah ku download USBBOOT, USBFORMAT dan Ghost 2flashdisk lalu ku masukan dalam satu folder Ghost 2flashdisk dan urai file RAR nya. Seperti biasanya  kita format Flashdisk terlebih dahulu dengan USB_Format.EXE (1) dan centang kotak Quick Format (2) buatlah menjadi bootable disk dengan mencentang kotak Create a Dos Bootable Disk (3)  dan kemudian browse dan cari folder Ghost 2 Flashdisk (4)berada lanjutkan OK (5) dengan menekan tombol Start (6). Kalau ada pertanyaan semua file akan terhapus tekan YES, biarkan proses berjalan dan tutup bila sudah selesai.

  Gambar - Proses Format

Gambar - Proses Format

Copy seluruh isi folder Ghost 2Flashdisk dan tekan tombol "SKIP" apabila ada file duplikat. lanjutkan hingga selesai..
  Gambar - Copy Files

 Gambar -  Copy  Files

Sembunyikan folder dan file dengan cara tandai/blok semua file yg ada di Flashdisk kemudian klik kanan dan klik propertis lalu centang kotak hidden (1) kemudian  Ok (2) lalu pilih Apply to subfoder (3) dan OK (4)..hal ini mencegah file Ghost terhapus atau tercampur dengan file lain.
  Gambar - Propertis

 Gambar - Menyembunyikan Files

Flashdisk siap untuk dipakai Booting n nge-Ghost.. Jauh lebih sederhana prosesnya dan jauh lebih hemat tempat !!!
Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 19.17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel