test
Loading...

TEMPLATE BLOG

Hadeuuuuuhhhh!!! niat mau posting PC malah keterusan nge-blogging, berawal dari penasaran berlanjut keterusan dan berakhir dengan kecanduan. Berawal dari ketidak puasan dari template yang saya pakai sekarang dan keinginan membuat template yang (mudah2an) lebih sesuai dengan kaidah umum. Kemudian berlanjut dengan memahami kode kode yang sudah ada dan menguraikannya agar lebih mudah saya serap  dan berakhir dengan kesimpulan ngeblog itu memang mengasikan Pemirsah.. :) 

Meskipun tidak dalam "iklim kompetisi" namun ada tantangan tersendiri dan untuk memenuhi janji untuk membuat blog yang lebih mandiri dan mudah dipahami oleh semua orang akhirnya saya berkutat dengan HTML dan CSS untuk membuat template yang independen.

Tidak mudah bagi saya untuk membuat halaman blog, anda bisa membayangkan dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan saya harus menyerap dan mengerti kode kode mulai dari HTML sampai apa itu java script, sungguh suatu pekerjaan luar biasa berat yang banyak mengeluarkan keringat tapi tidak sampai mengeluarkan air mata sih dan sebagai catatan tidak ada satu buah bukupun tentang blogging di rumah saya dan tidak ada seorang pun yang mengajari kecuali "my senior blogger in here all of u"..

Pekerjaan dimulai dengan CPnE alias Copy Paste n Edit dan mengurai terbalik kode yang sudah ada sebagai contoh kode padding: 00px 00px 00px  00px; saya uraikan menjadi :
Padding-top: 00px;
padding-bottom: 00px;
pading-left: 00px;
padding-right: 00px;

Begitu juga dengan margin,border dll, hal ini hanya untuk memudahkan mengingat karena ribuan kode harus saya hapal dalam waktu singkat. Memang penulisan menjadi lebih panjang tapi kode tersebut lebih mudah di pahami, tidak kebolak balik dan lebih mirip bahasa manusia.

Singkat cerita akhirnya saya membuat dua buah template yang aslinya dari template "sederhana" bawaan blogger yang di edit dan di atur ulang (itu bahasa halus dari "mengacak acak")  satu template mewakili sisi expresif dan satu lagi mewakili sisi kesederhanaan serta kepolosan penulis he3x.



Template A1 ini awalnya hanya black n white namun karena dirasa kurang "ngejreng" akhirnya di padu dengan warna "provokatif oranye" dengan tulisan warna warni namun tetap dengan latar gelap supaya adem dan tidak terlalu bikin pusing yang lihat. Kolom posting tetap menjadi fokus utama karena itu text diberi warna putih agar tetap menonjol sebagai pusat dari blog.



Di Template A2 ini penulis ingin menampilkan template yang minimalis namun mengusahakan tetap informatif. Agar tidak silau dimata penulis tidak memilih warna putih sebagai background content inner tetapi lebih suka memberi warna soft blue yang adem.  Text/ tulisan standar hitam supaya kesan sederhana kental di tempate ini. Kolom posting lebih lebar karena template ini mengutamakan isi dari pada ornamen dan dekorasi namun demikian elemen yang dirasa perlu bisa ditambahkan di sidebar.

Ada beberapa kekurangan di kedua template yaitu diantaranya javascript masih ditulis di widget sehingga ketika template di upload, script  harus ditulis ulang di widgetsnya. Mudah-mudahan kelemahan ini bisa segera diperbaiki

Kedua template ini dibuat dengan tujuan halaman lebih ringan (tapi tergantung posting juga sih, kalau banyak gambar total2 ya berat juga) dan yang lebih utama "template lebih mandiri"  serta tujuan akhir adalah memberikan motifasi dan inspirasi bagi sesama blogger pemula....

Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 19.52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel