test
Loading...

MEMPERBAIKI HARD DISK DENGAN CHKDSK / CHECKDISK (BAG.1)

- Command Prompt -
 
CHKDSK adalah salah satu perintah DOS singkatan dari CheckDisk  mempunyai kegunaan memperbaiki hardisk dengan cara memeriksa bad sector dan menandainya. Selain yang disebutkan tadi CheckDisk juga mengkoreksi serta memperbaiki sistem berkas, lost clusters, cross-linked files  dan directory errors. 
 

Kerusakan yang disebut diatas timbul akibat dari  :
  1. Windows ditutup tanpa proses shutdown, bisa terjadi karena tiba-tiba mati lampu atau terputus hubungan listrik yang menuju ke kompi secara mendadak. Di laptop bisasanya terjadi karena baterai mati/habis tanpa disadari.
  2. Turunnya tegangan listrik dan PC me-restart sendiri.
  3. Ada gangguan di windows biasanya yang berhubungan dengan memory yang mengakibatkan windows crash dan layar tiba tiba berwarna biru
 Gambar - Layar Biru

Apabila ada gangguan tersebut diatas windows secara otomatis akan melakukan ChekDisk ini selepas proses booting dan sebelum masuk ke Windows, hal tersebut dilakukan apabila keruksaan fatal dan windows tidak akan berjalan apabila kerusakan tidak diperbaiki.

Namun sering sekali kita mendapati windows tidak melakukan ChekDisk padahal komputer mati tidak melalui proses shutdown. Begitu restart biasanya muncul menu pilihan dalam mode apa windows akan dijalankan, dan kita biasanya memilih dijalankan dalam mode normal. dan kita masuk ke windows seperti biasanya. Saat inilah kita perlu melakukan CheckDisk secara manual, karena kerusakan ada tapi kita tidak mengetahuinya dimana letak kerusakan tersebut. 
Gambar - Windows Normal

ada beberapa cara untuk melakukan perintah CHKDSK atau CheckDisk ini :
  1. Dengan menggunakan CMD / perintah DOS
  2. Dengan Windows Tool
  3. Dengan program CheckDiskGui
1. Dengan menggunakan Command Prompt (CMD) caranya yaitu   
1.1.
 klik START (1) letaknya di pojok kiri desktop dan dilanjutkan klik Run (2) 
 
1.2. 
Muncul jendela Run  dan ketik cmd

1.3.
Pada jendela Command Prompt kita tentukan partisi mana yang akan kita verifikasi, ambil contoh partisi D yang berisi data maka kita akan ketik CHKDSK/f d: (1)  tapi kalau kita akan verifikasi file dan akan melihat bad sector hard disk serta menandainya maka kita berikan perintah, CHKDSK/f/r d: namun dengan perintah tsb anda harus menyediakan waktu, karena proses  akan berlangsung cukup lama tergantung dari banyaknya data dan kapasitas hard disk anda. Setelah melakukan perintah tersebut jika ada pertanyaan "...would you like to force dismount ..... ?" jawab "Y"  lalu tekan enter (2)
dan tunggu hingga  proses scaning berakhir



Untuk partisi C atau partisi yang ber-isi file windows urut-urutan kerja hampir sama namun proses scandisk akan dilakukan diluar windows. Berikan perintah CHKDSK/f C: (1) dan  jika ada pertanyaan ".... checked the next time the sytem restart ... ? "  jawab Y tekan enter (2), tutup jendela Command Prompt (3) lalu restart windows anda. Proses  scan persis seperti diatas namun  dilakukan di DOS yaitu setelah booting dan sebelum masuk ke windows. Setelah proses ScanDisk selesai akan masuk ke Windows.


Nah begitulah cara memperbaiki hard disk dan memperbaiki sytem file dengan perintah CHKDSK di Command prompt, selanjutnya ChekDisk melalui Windows Tool dan CheckDiskGUI akan di bahas di posting berikutnya.
Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 19.53

2 komentar:

  1. Artikelnya bgus, tp kurng detail!! Skrng gni, bagaimana melakukan check disk kalau windowsnya g mau masuk menu??? G mungkin kan bisa klik start??!!Pke tool windows?? Iya klau orng pemula tau?? Nah ini wjib ditulis!!

    BalasHapus
  2. Apakah ada perangkat lunak atau fitur bawaan Windows yang dapat membantu dalam memonitor atau mengatasi masalah tegangan listrik yang fluktuatif? Visit Us Telkom University

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel