test
Loading...

RESOURCE MONITOR SEBAGAI ALAT PANTAU PERILAKU PC

Pernahkah anda mengalami Windows sangat lambat dan CPU berkerja 100% tapi anda tidak membuka satu program-pun ?. Saya pernah mengalami beberapa waktu yang lalu, setelah melakukan uninstall suatu program tiba tiba  PC menjadi lambat dan setelah di cek di Windows Task Manager ternyata  CPU Usage 100%. Kemudian saya Close  semua program, tapi  tetep CPU bekerja maksimum alias 100%.
Nah kalau anda  mengalami hal  serupa, mungkin pengalaman saya bisa berguna.
Kalau kita teliti di Windows Task Manager, maka kita akan menemukan semua Processes berjalan normal tapi  anda melihat CPU Usage 100%

Sebenarnya kejadian ini pernah terjadi sebelumnya, karena kesal PC berjalan lambat dan tidak mengetahui penyebabnya  akhirnya saya memutuskan menginstal ulang Windows 7 dg Ghost. Windows  pun berjalan Normal, sekarang terulang lagi  Windows bekerja super lambat,CPU Usage 100% dan tdk ada program yg terbuka.  Saya berfikir masa sih tiap kejadian spt ini hrs instal ulang??? Jadi makin penasaran apa penyebabnya. 
Karena aku yakin sistem monitoring ini ada di Windows Task Manager, maka ku atik atik dan kubuka buka Windows Task Manager, dan sampailah aku membuka Resources Monitor yg letaknya di Tab Performance 

 Kalau di klik Resource Monitor maka akan muncul :

Yang harus kita perhatikan adalah Tab (Processes) image, CPU dan grafik CPU Total. Aturlah Tab CPU agar urutan decending/menurun. Perhatikanlah  di kolom CPU apakah ada angka yg besar atau mungkin paling besar diantara yg lain. Kalau kita menemukan angka yg besar lalu lihat di kolom Processes/Image  kita akan melihat nama filenya lalu centang di kotak sebelah kirinya,

Kemudian anda perhatikan digrafik-nya akan muncul grafik warna merah (mewakili file yg dicentang). Perhatikan apakah gerakan grafik warna merah itu dibawah atau sejajar dengan gerakan grafik warna hijau (yg mewakili total peroses CPU). Kalau dibawah grafik hijau berarti file itu tdk bermasalah, tapi kalau gerakan grafik merah sejajar dengan grafik hijau berarti file itulah yg menyebabkan, CPU kita bekerja 100%  alias maksimal.

Dalam kasus yg saya alami, file yang penyebabnya adalah Syntphelper.exe. lalu saya cari dimana letak Syntpheleper.exe berada dengan mengunakan Search di Windows Explorer

Setelah ketemu lalu lalu saya coba rubah extention nya dari Syntphelper.exe menjadi Syntphelper.old karena saya tidak tahu apakah file ini  berguna atau tdk, virus atau bukan.

Lalu saya coba restart PC dan ketika windows terbuka ada pesan error, berarti Syntphelper.exe ini diperlukan. kemudian saya searching di google untuk mendownload file Syntphelper.exe ini, setelah berhasil mendownload kemudian saya bandingkan dengan file lama dan memang terdapat perbedaan besarnya file . Jadi kesimpulan CPU bekerja maksimal karena besarnya file Syntphelper.exe berubah.  Setelah. File lama diganti dengan yang baru lalu  PC direstart tdk ada pesan error dan CPU Usage menunujukan 5%. the problem solved !!! :)

Jika anda mengalami masalah dan bukan berasal dari Syntphelper.exe, Andapun bisa melakukan penggantian file spt yg saya lakukan. Namun bila anda ingin tahu lebih banyak tentang file yang dicurigai itu, dan apa yang harus dilakukan apabila file tersebut error, inilah yang harus anda lakukan :
1. Hubungkan PC/noteebook anda dengan Internet
2 Di menu Resource Monitoring  klik kanan dimana File yang dicurigai,  maka akan muncul pop menu seperti gambar dibawah ini

Kemudian anda pilih Search Online Kemudian jendela browser anda akan tebuka, anda tinggal cari informasi dan cara pemecahan masalah yang berkaitan dengan file Suspect atau file yang dicurigai sebagai 'biang kerok' tersebut.

Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 14.16

1 komentar:

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel