test
Loading...

GEJALA KERUSAKAN KOMPUTER (PC) YANG DISEBABKAN POWER SUPPLY

Power Supply (PS) atau ada juga yang menyebut Power Supply Unit (PSU) adalah menyediakan arus listrik dan sekaligus regulator ( perata arus) untuk motherboard di komputer kita. Power supply juga memasok arus untuk asesoris komputer seperti harddisk, CD ROM, atau alat yg di colokan di USB.


Kerusakan yang terjadi di power supply  ini akan menyebabkan komputer tidak mendapatkan arus listrik dan komputer tidak akan hidup. Namun demikian tidak selamanya power supply rusak total banyak kejadian kondisi power supply bekerja tidak maksimal.. artinya hidup segan - mati ta' mau he3x, artinya PC kita hanya akan hidup dengan kodisi tertentu.
Untuk mengenali  kerusakan  komputer yang disebabkan oleh power supply ada beberapa indikator bisa kita kenali dengan atau tanpa alat bantu, berikut dibawah ini indikator dan gejala kerusakan PC yang diakibatkan oleh Power Supply Unit:
1. Power supply mati total
yang ini gampang dideteksi,  kalau komputer di On  dan gk mau hidup dan kalau kita punya AVO meter di cek  dikabel power suply tidak ada arus.. ya power supply artinya "matot" alias mati total, almarhum, metong. 

2. Power Supply bekerja dengan  kondisi tidak Normal.
Gejala 1.  Apabila kita menambah asesoris baru entah itu hardisk, cd rom atau yg lainnya PC tidak mau hidup. Namun demikian bisa saja Power suply tidak rusak hanya saja power suply tidak bisa memasok arus lebih artinya arus yg dialirkan sudah maksimal dan tidak mencukupi apabila dikasih beban lebih. Apapun itu, mau rusak atau kurang arus tetap saja power supply tersebut tidak bisa kita pakai lagi dan harus diganti.

Gejala 2.  Apabila kita matikan komputer dan kemudian kita hidupkan kembali, komputer tidak mau hidup dan baru mau hidup setelah beberapa waktu, itu pun diakibatkan oleh power supply sudah tidak normal lagi.

Gejala 3.  Meskipun kondisi PC off or mati sebenarnya power supply tersebut on/hidup nonstop selama kabel dari PLN tertancap di komputer.. Nah apabila.. komputer kita hanya mau hidup setelah kabel dari PLN di cabut terlebih dahulu, hampir dapat dipastikan power supply  kita kondisi sudah tidak normal lagi dengan kata lain harus diganti.

Begitulah beberapa kerusakan PC yang diakibatkan oleh Power supply, kita bisa mengidentifikasi kerusakan dan kita bisa dengan cepat mengganti bagian yang rusak atau bagian yang  perlu diganti tanpa bantuan tehnisi.

Saran :
1. Agar memakai Power Supply yang menyediakan arus yang cukup untuk  PC kita, Apabila kita memakai power suply dengan arus yang pas-pas an maka power suply akan bekerja keras/maksimal sehingga  timbul panas yang berlebih dan pada akhirnya power supply kita akan berumur pendek .

2. Selalu mencabut kabel dari Power supply (komputer) ke listrik dari PLN setiap selesai mematikan komputer, apalagi bila kita tidak akan memakai komputer dalam waktu yang lama,  atau lebih baik lagi jika kita memakai stop kontak dengan saklar ON/OFF sehingga kita mudah memutuskan hubungan listrik dari komputer menuju ke jaringan listrik dari PLN.
Gambar - Contoh Stop Kontak dengan Saklar On/Off

Yang mungkin Anda Cari



Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 23.27

7 komentar:

  1. Gan, PSU PC saya rusaknya bikin listrik rumah saya padam (sekring jatoh) kalo di pencet tombol power. Awalnya saya salah pencet di PSUnya. PC saya cuma butuh 220V, tapi saya salah pencet jadi 330V. Pas di hidupin 330V kaya kembang api PSU PC ane gan. Itu kemungkinan ada rusak mobo atau vga atau yg lainnya ga tuh gan ? Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar sih kerusakan terjadi hanya di PSU saja kang

      Hapus
  2. Ternyata emg PSU doabg gan, skrng beda lagi gan masalahnya, suka restart sendiri kadang pas nyala PCnya gan, apa itu kerusakan System operating atau PSUnya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau system operasi biasa nya ada 'warning' sebelum merestart, kemungkinan besar PSU yg sdh tdk normal atau PSU arus nya tdk mencukupi dg kata lain watt PSU kecil, akang cari PSU yg lebih besar watt dr yg sekarang akang pakai

      Hapus
  3. Komputer saya bisa nyala tapi selang beberapa waktu suka mati sendiri. Rentang waktu matinya beda2, apa mungkin gara2 ps yg ga kuat? Makasih

    BalasHapus
  4. Ask
    Kalo ganti power supply itu ngk harus merhatiin tipe kan ngk kyk mau ganti ram atau upgrade ram

    BalasHapus
  5. Before you set out to build a new PC, you should find the best power supply for your build, as it really is critically important. They might not be as exciting as the best graphics card, but every PC component will rely on the power supply for, well, power. h856c

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel