test
Loading...

CARA MENGGANTI POWER SUPPLY PC (PERSONAL COMPUTER)


Power supply adalah sumber tenaga atau sumber arus listrik untuk PC,  apabila tenaga tidak ada maka PC akan lumpuh. Banyak faktor yang menyebabkan power supply ini kehilangan tenaga atau rusak salah satu diantaranya karena faktor umur pemakaian.

 Gambar 1 - Power Supply PC

Penyebab dan gejala kerusakan lainnya bisa anda baca dihalaman ini. Anda bisa memilih memperbaiki ke tehnisi komputer atau anda mencoba sendiri mengganti power suplly yang rusak tersebut. Rasanya tidak ada salahnya apabila anda mencoba memperbaiki sendiri, dengan hanya sedikit usaha anda mampu membuat PC hidup kembali dan anda akan merasa puas karena semua hasil jerih payah usaha anda.
Bila anda berencana mengganti sendiri power supplydibawah ini alat yang harus disediakan dan urut urutan pekerjaan yang harus dilakukan.
Alat yang harus disediakan  cukup obeng kembang saja dan power supply yang baru tentunya, proses pekerjaannya adalah sebagai berikut :

A. Melepaskan Power Supply yang Rusak
Setelah anda membuka casing PC :
1. Cabut konektor kabel yang menuju ke peralatan external seperti CD ROM, Hard disk dan lain sebagainya. Bentuk konektornya anda bisa lihat di gambar
 Gambar 2 - Konektor PS Hard Disk
2. Cabut konektor  kabel yang menuju ke motherboard, konektor kabel yang menuju ke motherboard tersebut ada dua, bentuk konektornya anda bisa lihat gambar dibawah, sedangkan letaknya tergantung dari motherboard yang kita pakai. Meskipun letaknya berbeda beda anda cukup ikuti saja kabel  dari power supply yang ujungnya di motherboard dan perhatikan bentuk konektornya.
Gambar 3 - Konektor PS ke motherboard

 Gambar 4 - Konektor PS ke motherboard
3. Setelah semua kabel dicabut lanjutkan pekerjaan dengan membuka baut yang menahan power supppy di casing PC, dan keluarkan power tersebut dari casing PC,
 Gambar 5 - Baut Pengikat PS
4. Selesai

B.Memasang Power Supply Yang Baru
Gambar 6 - New Power Supply

Prinsip kerja memasang power supply yang baru hampir sama dengan melepaskan power supply,  namun urut urutan  pengerjaan yang  dilakukan terbalik, berikut urut urutan pekerjaannya :
1. Masukan power supply yang baru kedalam casing PC dan pasang baut, perhatikan cara pemasangan baut, caranya pasang semua baut terlebih dahulu tapi jangan sampai kencang, setelah baut terpasang  semua, baru dikencang bersama sama secara menyilang.
Gambar 7 - Baut Pengikat PS
2. Pasang dua buah konektor kabel ke motherboard

Gambar 8 - Konektor PS ke motherboard

Gambar 9 - Konektor PS ke motherboard
3. Pasang konektor ke alat external seperti CD ROM , Hard disk dan sebagainya
 Gambar 10 - Konektor PS Hard Disk
4. Periksa semua konektor, termasuk konektor data apakah ada yang terlepas  atau bergeser dan pastikan tidak ada benda logam yang masuk dan tertinggal didalam motherboard !!!
5. Selesai


Gambar 11 - Tatak Tetak PC
Keterangan gambar :
- no. 1. Power Supply
- no. 2. Konektor power supply ke hard disk
- no. 3. dan no.4 Konektor kabel dari power supply ke motherboard.

Begitulah Pemirsah cara mengganti power supply, kita bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tehnisi dan tentu saja dengan prinsip kehati hatian serta jangan sungkan bertanya sebelum anda mengerjakannya.

Yang mungkin Anda Cari



Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 19.34

16 komentar:

  1. kak saya sudah pasang sesuai cara yang anda berikan, tetapi ketika saya tekan tombol power di pc saya tetap tidak hidup ya ? kipas dan yang lainnya juga tidak menyala tetapi arus listriknya sudah masuk. mohon penjelasannya . terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama anda hrs memastikan bahwa PC mati karena power supply - nya rusak atau tdk normal, kedua cek kembali power supply yg baru (?) apakah dalam kondisi baik... lebih jelasnya anda bisa baca 'Gejala keruskan PC yang disebabkan oleh Power Supply' di blog ini..

      Hapus
    2. Even though it’s an afterthought for most builders, the power supply is actually one of the more important parts of a build. Picking a quality power supply can mean the difference between a well running system and one that suffers from crashes and boot failures. Worse yet, cheap generic models can literally explode into flames, taking the rest of your computer with it. yx303

      Hapus
  2. Apa kah power supply sama semua. Bisa d pasang di pc bgaimana dgn tenganganx?

    BalasHapus
  3. Apa kah power supply sama semua. Bisa d pasang di pc bgaimana dgn tenganganx?

    BalasHapus
  4. Apa kah power supply sama semua. Bisa d pasang di pc bgaimana dgn tenganganx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. PS tergantung dr prosesor, contoh diatas itu adalah prosesor Intel Pentium 4 soket LG, untuk tegangan sama yg membedakan bentuk dan jumlah konektornya , amannya bawa PS yg rusak ketika membeli PS baru

      Hapus
  5. terimakasih banyak gan untuk infonya

    salam Rajalistrik.com

    BalasHapus
  6. Gan saya tadi baru ngeganti tapi pas dinyalain hardisnya jadi gaterdeteksi.. Apa yah? Padahal kabel" udah bnerrr

    BalasHapus
  7. 1. coba pindahin ke konektor yg lain di MotherBoard
    2. kalau belum cek di PC lain
    3. konektor hardisk tersebut memamng rentan bergeser,copot ataupun terpasang namun tdk sempurna.. kalau kejadian spt itu bisa mengakibat hardisk hrs di format

    BalasHapus
  8. Terima kasih ya atas informasi yang anda sajika di blog ini, semoga bermanfaat sukses selalu ^^

    BalasHapus
  9. Edisi orang awam minta pencerahan lur...

    Seminggu yang lalu saya beli cpu bekas, saya coba ditempat saya beli normal lancar...

    Kemudian baru kemarin senin saya coba dirumah, begitu dicolokkan ke stop kontak cpu bunyi "pletak" dan muncul percikan cahaya dari dalam cpu (entah api atau cuma nyala kipas), efeknya listrik rumah jadi njegleg/ njepret... jadi mcb saya kondisikan supaya listrik nyala lagi..

    kemudian colokan saya lepas... tak ada bau terbakar atau bekas terbakar didalam cpu..

    kemudian kabel saya colokkan lagi tapi cpu kok gak mau nyala ya..
    kira - kira problemnya di apa ya??

    Buat sedulur sedulur yang berkenan berbagi ilmu, saya doakan rejekinya dilancarkan...

    BalasHapus
  10. Nice but it will be more better if you are check your spelling word as some of the words is not understandable , keep it up good job

    BalasHapus
  11. useful information on topics that plenty are interested on for this wonderful post.Admiring the time and effort you put into your b!.. 3WN11 Power Supply

    BalasHapus
  12. Punya saya kan kebakar yang kebakar tempat colokan ke power spu yang ada tulisan input / output itu cara gantinya gimana ya atau emang harus ganti spu?

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel