test
Loading...

MEMPERBAIKI HARD DISK DENGAN CHKDSK / CHECKDISK BAG.2

-  Windows Tool  -
Pada posting sebelumnya telah dibahas Memperbaiki Hard Disk dengan CHKDSK / CheckDisk menggunakan perintah DOS Command Prompt, maka sekarang kita akan melakukan CheckDisk dengan program milik windows sendiri yaitu Windows Tools.

Cara yang akan kita lakukan ini jauh lebih nyaman karena kita tidak akan melakukan perintah dengan mengetik karena kita melakukan dengan mode visual (GUI), caranya yaitu:
1. Pada windows explorer, klik kanan (1) partisi yang akan kita periksa, kita ambil contoh partisi data D dilajutkan dengan klik properties (2).


2. Setelah muncul jendela properties, klik tab tools (1)  kemudian klik  Check Now (2). Di jendela selanjutnya ada 2 pilihan, yang petama Automaticaly fix file system erros (4) pilihan ini hanya untuk memperbaiki sistim file yang error. Kedua "Scan for and attempt recovery of bad sector", pilihan ini untuk menandai bad sector hard disk. Apabila kita memilih "Scan for and Attempt recovery of bad sector" kita harus menyediakan waktu, karena proses akan memakan waktu cukup lama. Kita bisa memilih salah satu atau kita bisa memilih keduanya.
 


 3. Jika ada plihan "Do you want to dismount this volume......?... " klik saja Force a dismount

4. Tunggu hingga proses selesai lalu close..

Untuk partisi yang berisi file system windows, lakukan urutan pekerjaan 1 sampai dengan 2 dan kemudian bila ada pertanyaan "Do you want to check for hardisk ...... ? jawab saja "schedule disk check".  Checkdisk untuk partisi windows akan dilakukan diluar windows yaitu setelah booting dan sebelum masuk ke windows. 
Restart windows, tunggu dan jangan menekan tombol apapun  hingga proses booting > checkdisk > sampai masuk ke windows lagi. 



Untuk posting berikutnya checkdisk dengan mempergunakan CheckDiskGUI.

Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 09.29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel