test
Loading...

MENYELARASKAN DUA HARD DISK DENGAN “CREATE SYNCHRONICITY 6.0”

Dulu menyimpan foto di album, sekarang menyimpan foto di Komputer (PC) atau di NoteBook, banyak kenangan tersimpan disana, mungkin juga termasuk video ada disana. Bagaimana jika tiba tiba hard disk anda rusak total, maka akan terhapus juga kenangan keluarga anda. Lalu bagaimana pula dengan data penting anda  jika terhapus dan anda tidak punya backup, saya  tidak bisa membayangkan apa jadinya.

Idealnya anda harus mempunyai dua hard disk secara fisik bukan partisi, satu hard disk untuk master dan hard disk ke dua untuk backup atau untuk salinan (copy), dengan demikian bila salah satu hard disk anda rusak anda masih punya salinan di  hard disk yang lain. Kalau untuk PC anda tinggal menambahkan hard disk internal sedangkan untuk NoteBook harus menambah hard disk External.

Namun masalah belum berhenti disana karena data tentu saja bisa  bertambah, diupdate atau di hapus, lalu bagaimana agar  hard disk master dan cadangan selalu sama, selaras  or sinkron. Kalau anda copy satu persatu bisa repot, di copy semuanya kelamaan, lalu Solusinya ?
Gambar 1 -  Menyelaraskan Dua Hard Disk

Ada salah satu program kecil namanya Create Synchronicity yang bisa menyelaraskan antara dua hard disk anda sehingga kedua hard disk  tersebut akan selalu sama, dengan acuan adalah hard disk master sedangkan hard disk cadangan akan mengikutinya.

Seperti yang saya utarakan diatas bahwa program ini sangat kecil namun bekerjanya sangat cepat, sehingga untuk menyamakan ratusan atau ribuan data  tidak membutuhkan waktu yang lama. Cara menggunakannya gampang sekali Pemirsah, namun sebelumnya menggunakannya silahkan anda unduh terlebih dahulu Create Synchronicy 6.0  Selanjutnya ikuti penjelasan di bawah ini:

1. Extrac file zip yang baru saja anda unduh
2. Kemudian jalankan program exe-nya  dan anda akan dibawa kemenu utama
 Gambar 2 - Menjalankan Create  Sinchronicity 6.0

3. Klik new profile untuk memulai dan beri nama sesuai dengan folder yang akan kita selaraskan biar mudah kita kenali.  Sebagai contoh saya akan menyelaraskan  folder “foto”   maka kita beri nama profile “foto”.
 Gambar 3 - Membuat Profill baru

4. Dimenu ‘Setting profile’  arah kan pandangan ke baris “ Directories” kita klik kotak dengan garis putus-putus didalamnya. Lalu kita tentukan file folder mana yg akan kita backup atau yang akan  kita bikin salinannya. Ambil contoh saya akan membackup folder foto yang  “DATA (E:), akhiri dengan klik ok.
  Gambar 4 - Setting Profill baru

5. Masih di menu “Setting profile” sekarang arahkan ke baris  To(A)  dan klik kotak dengan garis putus-putus didalamnya (B). Kemudian kita tentukan di hard disk mana salinan akan ditempatkan (B) . Dalam kasus ini saya akan buat salinan di hardisk “backup (F:)”. Karena di hard disk tersebut belum ada folder “foto” maka kita buat folder baru dengan cara klik make new folder (C)  dan ganti nama sesuai folder masternya yaitu “foto” (D).
 Gambar 5 - Setting Profill baru

6. Kemudian klik tanda seperti refresh di tengah tengah dan lanjutkan dengan save.
 Gambar 6 - Setting Profill baru 

7. Dimenu utama akan muncul profile baru yaitu “foto” (yang tadi kita buat) kemudian klik kanan dan pilih preview.

Gambar 7 - Preview

8. Dimenu selanjutnya anda akan diperlihatkan, file dan folder apa saja yang akan di copy, update dan yang akan dihapus. Tunggu proses hingga selesai lalu lanjutkan dengan klik Synchornize.
 Gambar 8 - Preview

9. Kemudian anda akan dibawa ke proses copy, update dan delete file, tunggu hingga proses tersebut selesai dan akhiri dengan klik Close.
 Gambar 9 - Proses Menyelaraskan selesai  
10. SELESAI.
Kalau anda mau melanjutkan menyelaraskan folder yang lain ulangi lagi dari proses No.1.
11. Proses sinkronisasi  ini sebaiknya dilakukan berkala misalnya, seminggu sekali atau sebulan sekali  yang anda harus lakukan tinggal mulai dari proses No.7.


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 13.15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel