test
Loading...

MEMBUAT SENDIRI BOARD ARDUINO LENGKAP DENGAN UPLOADER

Sebenarnya ini bukanlah tutorial hanya demontrasi saja or unjuk gigi  he3x  setelah menghabiskan waktu 'beratus ratus jam' akhirnya tuntas sudah membuat dan menguji virtual COM, yaitu serial to ttl menggunakan atmega8 dan menggunakan port virtual com.
Mungkin tidak terlalu familiar di telinga anda serial to ttl dengan virtual com atau ada juga yang menyebut CDC. Inilah saatnya saya turut mempopulerkan modul tersebut.
Gambar 1 - otoduinoUnix
Seperti yang sudah saya katakan berulang kali bahwa keinginan saya agar semua orang bisa membuat papan arduino sendiri dalam artian semua orang bisa menyolder sendiri papan arduino yang akan dipakainya nanti. Namun tentu saja ini tidak mudah mengingat pada saatnya nanti terbentur dengan uploader  yang semua menggunakan komponen smd.
Berangkat dari situ saya mencari referensi serial to ttl yang menggunakan komponen biasa dan akhirnya saya menemukan cdc - virtual comunication ini. Setelah proses uji coba yang cukup panjang akhirnya tuntas sudah project pribadi membuat arduino dari mulai microcontroller sampai ke uploadernya.

otoduinoZathura

Standalone uploader yang saya beri nama otoduinoZathura. OtoduinoZathura ini dipergunakan untuk mengupload sket di board yang tidak ada uploadernya seperti otoduinoMiniMax , otoduinoBigBoy dan semua jenis minimum system yang tidak menyediakan uploader di boardnya.
Gambar 2 - Serial to TTL otoduinoZhatura
Gambar 3 - Serial to TTL otoduinoZhatura
Anda jangan terkecoh dengan penampilannya, itu bukan usbasp ssb02 tapi serial to ttl memakai atmega8 memang ukurannya saya buat persis sama dengan usbasp ssb02 dan layoutnya pun tidak jauh berbeda dengan usbasp ssb02.
Gambar 3 - Usbasp ssb02
otoduinoUnix

Kemudian project  saya lanjutkan dengan menggabungkan dengan otoduinoMinimax dan saya beri nama otoduinoUnix menjadi seperti yang anda bisa lihat difoto bawah
Gambar 4 - otoduinoUnix
Gambar 5 - otoduinoUnix
OtoduinoUnix ini dibuat lengkap selain uploader juga terdapat regulator 5V smd. Dalam proses pembuatan kesulitan bukan pada rangkaian tapi terletak pada pembuatan jalur di pcb, i'm running out space for vias, saya benar-benar kehabisan ruang untuk jalur, anda bisa membayangkan 2 avr in  single side board with arduino uno dimension. Ya betul otoduinoUnix ini satu ukuran dengan arduino uno bahkan letak pinnya juga sama dan memang blue printnya saya jiplak dari eagle arduino uno untuk memperoleh letak port digital dan analog yang sama persis. ..Dan akhirnya... menyisakan 4 buah wire jumper namun saya kira 4 buah wire jumper di ukuran mini dengan 2 avr masih wajarlah iya gk sih ?
Gambar 6 - Jalur otoduinoUnix
Gambar 7 -  Jalur  otoduinoUnix
7 fakta Unik otoduinoUnix

Dalam uji coba virtual com [otoduinoZathura] boleh dibilang cukup memuaskan secara prinsip ya hampir sama dan setara dengan FTDI dapat bekerja dengan baik dengan atmega328 dengan bootloader uno, begitu juga untuk serial komunikasi sama sekali tidak ada masalah.
Gambar 8 - Layout otoduinoUnix
otoduinoUnix dibuat setelah otodunoZathura selesai ujicoba. OtoduinoUnix dirancang lengkap dan supaya memudahkan penggunanya :
1. Konektor usb memakai usb female namun bisa diganti dengan pin header male, sehingga anda nantinya memakai kabel bekas mouse yang ujungnya di ganti dengan pin header female.
2. Ic regulator memakai SMD sehingga tampilan muka jauh lebih rapi.
3. Meskipun padat namun untuk bongkar pasang IC sangat mudah
4. Memakai 3 led: led untuk power supply, led yang terhubung ke D13 dan satu lagi led sebagai tanda uploader sedang bekerja [busy].
5. Pin untuk port digital/analog letaknya sama arduino uno.
6. Meskipun kehabisan ruang namun saya tetap menyediakan lubang [hole] untuk spacer/baut
7. Karena letak port sama dengan maka anda bisa memakai shield uno dipergunakan untuk otoduinoUnix

Karena feature diataslah saya berinama Unix atau lengkapnya otoduinoUnix dan memang 'complete sytem minimum' ini agak lain dari pada yang lain alias tidak biasa bin tidak umum.


Enjoy DemoVideo 



Yang mungkin Anda Cari


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 17.57

4 komentar:

  1. terima kasih admin blog ini,
    artikel-atrikelnya sangat berguna, Semoga sukses ya min :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, sukses selalu buat saya :D

      Hapus
  2. Gan, boleh minta skematic ny. Klo boleh kirim ke bagussusilo646@gmail.com terimakasih

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel