test
Loading...

CARA MENGGANTI MATA SOLDER

Kalau anda bisa menghitung diluar kepala dari 1 sampai 3 maka anda dapat dipastikan dapat mengganti sendiri mata solder.
Mengganti mata solder bukan berarti mengganti solder bukan? Jadi kalau anda merasa mata solder sudah tidak ideal or tidak menunjang jangan diganti soldernya cukup ganti saja mata soldernya, apalagi kalau anda fanatik  merasa sudah nyaman sekali dengan solder yang tengah anda pakai sekarang, anda tidak harus kehilangan solder kesayangan anda.

Bukan hanya alasan diatas saja, banyak alasan Pemirsah kenapa mata solder harus diganti, mungkin memang solder yang kita pakai jenis buluk [persis seperti yang saya pakai], sehingga mata solder yang digunakan kualitas jelek. Alasan lain mungkin karena umur pemakaian sehingga mata solder kita sudah tidak runcing lagi. Atau  aslinya mata solder yang kita pakai jenis maya solder tidak runcing dan ingin kita ganti dengan yang runcing.
Gambar 1 - Replacing Soldering Tip
Sekarang banyak pilihan  mata solder pengganti, anda bisa memilih dan menentukan mata solder yang dibutuhkan yang harus diperhatikan adalah  diameter lubang solder anda agar mata solder penggantinya  terlalu longgar atau malah tidak masuk ke lubang solder.

Namun demikian biasanya besar kecilnya mata solder berkaitan dengan besarnya daya solder, secara umum daya solder dibagi 3 :
1-. 25 Watt sampai dengan 40 watt
2-. 60 Watt
3-. 100 watt.
4-. 100 watt keatas.

Yang umum sering dipakai untuk keperluan elektronik adalah yang mempunyai daya antara 25 dan  40 watt . Jadi kalau anda mau membeli mata solder  anda harus tahu dulu berapa besarnya daya solder anda.

Ada beberapa diantara solder yang memiliki bentuk khusus seperti berbentuk pistol atau daya 40 watt namun diameter lubang untuk mata solder kecil, sehingga harus memakai mata solder dengan batang kecil namun ujung mata soldernya normal. Jadi amati dulu solder anda sebelum mengganti mata soldernya.

Setelah anda menentukan dan membeli mata solder anda tinggal memasang ke solder anda,  bagai mana caranya?  Silahkan baca ke bagian selanjutnya.

Cara Mengganti Mata Solder

Cara mengganti mata solder yang paling penting adalah saat solder keadaan dingin tentunya, kemudian lakukan urut urutan pekerjaan sebagai berikut :
1. Buka salah satu baut  saja yang menahan mata solder [biasanya baut yang ukurannya besar] dari 2 baut yang biasa terdapat di ujung solder, letaknya  ada di ujung solder, setelah baut di buka, keluarkan mata solder lama
Gambar 2 - Membuka Baut Penahan Mata Solder
2. Siapkan mata solder yang baru
Gambar 3 - Siapkan Mata Solder Yang Baru
3. Masukan mata solder yang baru, atur kedalamannya yang kira kira akan nyaman bila dipergunakan saat menyolder, pasang kembali baut penanahan dan kencangkan, ingat jangan terlalu kencang karena baut dan ulir tidak dirancang untuk  putaran kuat, jangan samakan dengan ketika anda memasang baut roda kendaraan bermotor .
Gambar 4 - Memasang Mata solder Yang Baru
4. Selesai.

Semudah dan secepat  menghitung 1, 2, 3 yang saya katakan di awal tulisan Pemirsah.  
Esensi tulisan ini  untuk mengingatkan bahwa, jangan cepat cepat membuang barang barang yang anda anggap tidak berguna, tidak layak pakai atau rusak, barangkali bisa diperbaiki atau barangkali bisa diganti  bagian yang rusaknya saja. Let's save the world from tons of garbish, people.

Gambar 5 - WoW  !!! Ganteng meskipun Cuma Mata Soldernya Doang yang Guanteng

Yang mungkin Anda Cari


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 01.56

1 komentar:

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel