test
Loading...

MEMASANG LIGHTER MOBIL DI ADAPTOR BEKAS POWER SUPPLY PC

Lighter atau lengkapnya cigarette lighter  adalah alat untuk menyalakan rokok yang terdapat dalam mobil. Alat ini akan bekerja dengan arus minimal  10 A, kurang dari itu lighter akan lama panasnya atau tidak akan panas sama sekali. Arus accu mobil umumnya 40 A dan ini sangat cukup untuk membuat elemen lighter membara.
Gambar 1 - Lighter di Adaptor Bekas Power Supply PC
warning !!! merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi 
dan gangguan kehamilan serta janin
Bila kita mau membuatnya untuk di rumah kita harus menyediakan trasformator  dengan arus minimal 10A, terlalu mubadzir rasanya kita harus menyediakan transformator sebesar itu hanya untuk lighter  hhhhmmm .. betapa tidak harga transformator 10 A  saja tidak kurang dari 100 ribuan. Namun  sebagai penggemar elektro jangan sampai mati gaya n kehilangan kreatifitas kita pergunakan saja adaptor dari bekas power supply PC yang kita pernah buat sebelumnya. Power supply PC setidaknya mampu mengeluarkan arus 20A dan itu sudah lebih dari cukup untuk memanaskan elemen yang ada didalam lighter. Bagaimana wujud dan cara membuatnya ikuti terus paparan dibawah ini :

1. Sediakan lighter lengkap beserta kabel wadahnya.   Untuk informasi lebih lanjut tentang komponen silahkan silahkan anda baca di halaman ini
Gambar 2 - Cigarette Lighter
2. Lepaskan seluruh bagian lighter
Gambar 3 - Bagian-bagian Lighter
3. Beralih ke Adaptor disitu terdapat lubang yang asalnya diperuntukan untuk jalan keluar kabel yang menuju ke motherboard PC, disitulah kita akan memasang lighter. Meskipun  lubang sudah tersedia namun diameternya kurang besar  maka perbesar lubang tersebut dengan bor ( mata bor gurinda )  bila tidak ada, anda bisa menggunakan kikir. Tutup dulu bagian dalam power supply dengan koran sebelum kita ngebor agar serbuk besi tidak masuk kedalamnya.
Gambar 4 - Lubang Adaptor Untuk Lighter
Gambar  5 - Memperbesar Lubang Adaptor  untuk Dudukan  Lighter
4. Pasang wadah (dudukan / female) lighter beserta penguatnya / pengikatnya. Sambungkan kabel lighter (merah) dengan kabel +12V (kabel kuning ) power supply. Sambungkan kabel merah dengan minimal dengan 2 kabel kuning karena arus yang mengalir di kabel tersebut cukup  besar. Disarankan untuk memakai sekering (fuse) 10 A atau 15 A untuk menambah keamanan.

Gambar 6 -  Memasang Female Lighter di Adaptor
Gambar 7 - Memasang Kabel dari Lighter ke Adaptor

 5. Pastikan tidak ada serbuk besi atau benda metal lainnya masuk dan tertinggal di dalam box adaptor. Karena dudukan lighter akan panas ketika sedang bekerja usahakan tidak ada kabel yang menempel ke dudukan (female) lighter. Kini lighter siap di uji coba, lighter akan panas dan membara kira kira 10 - 15 detik dan lebih cepat apabila kita mengulangi lagi menyalakan lighter. Meskipun lighter menyebabkan beban ke adaptor cukup berat namun demikian karena waktu bekerjanya cukup singkat jadi adaptor tidak akan panas.
Gambar 8 - Uji Coba Lighter
Warning !!!
1. Hindari kontak antara tangan dengan lighter kecuali mika pegangan lighter yang berwarna hitam karena seluruh bagian dari lighter tersebut panas apabila sedang bekerja dan beberapa saat setelahnya.
2.  Merokok dapat merusak kesehatan bukan hanya dirinya tapi juga orang-orang disekitarnya yang menghisapnya (perokok pasif).

Gambar  9 - Lighter di Adaptor Bekas Power Supply PC






Yang mungkin Anda Cari



Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 00.36

12 komentar:

  1. never like this before,, great job

    BalasHapus
  2. Kabel negatif nya kemana mas ?
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Bg seorang perokok ini sanbat membagu!, rokok tidak akan berguna tanpa api

    BalasHapus
  4. Maap sy senang tu otak atik pada akhirnya membrod kompoternya yg berasap ad ac dilapis pendingin sampai sompel, apa bisa diperbaiki lg. Bos elektro

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang sekali kurang jelas ic yg mana yg di maksud,, kalu yg dimaksud ic prosesor itu bisa diganti kang

      Hapus
  5. Saya ada lcd 2x3 bekas cd lama apa bisa dijadikan jam digital bos elektro

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya 7 segmen kang bukan lcd.. bisa di buat untuk jam digital,, diurut aja kakinya mana anoda mana katoda,, dan nati library nya memakai "sevseg.h"

      Hapus
  6. Kreatif,ene da baca smua articley,trmsk coment2,bagus sekali dan sngat bermanfaat,tq mas YENDRI TRESNAHADI.smg sharenya diperhitungkan oleh yang maha esa.

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel