test
Loading...

CARA MENYOLDER KOMPONEN SMD

Berbagai macam cara dan tehnik menyolder untuk komponen SMD bisa anda cari dan temukan di google. Cara yang umum adalah mengunakan hot air atau solder uap dengan timah solder yang dipergunakan adalah timah cair atau pasta solder  dan ada juga yang menggunakan oven.
Sebenarnya anda bisa juga menggunakan solder biasa dengan timah biasa untuk menyolder komponen SMD tersebut tentu saja dengan menggunakan tehnik tertentu.
Gambar 1 - Menyolder SMD itu Menyenangkan
Yang mungkin belum anda temukan adalah cara menyolder komponen SMD dengan solder biasa dan timah  yang digunakan adalah timah cair dan  anda bisa menyebutnya hendri's style [he3x]. Cara tersebut memang tidak umum dan tidak lazim namun cara ini menurut saya paling mudah, efektif n ekonomis.
Kenapa memakai solder biasa ? karena tidak semua praktisi dan penyuka elektronik punya hot air apalagi oven, tapi kalau solder biasa pasti punya dong. Lalu kenapa timah yang dipergunakan timah cair ? alasannya karena lebih mudah dipergunakan dan lebih irit karena timah yg dipakai hanya sedikit. Bagaimana tehnik, trik dan cara menyoldernya? ikuti tutorial dibawah ini.

Alat Yang Digunakan

1. Solder dengan mata solder yang runcing.
Gambar 2 - Mata Solder Runcing
2. Timah cair.  Memang tidak semua toko elektronik menyediakan timah cair dan kalau anda kesulitan menemukannya anda bisa cari informasi di sini.
Gambar 3 - Timah Cair atau Pasta Solder
Gambar 4 - Isi Timah Cair atau Pasta Solder
3. Alat untuk mengambil timah cair,  saya menggunakan bekas probe Avo Meter, anda bisa menggunakan tooth pick / tusuk gigi  atau anda juga bisa menggunakan batang korek api.
Gambar 5 - Probe Untuk Mengambil Timah Cair
4. Alat jepit atau Pinset
Gambar 6 - Pinset

Cara Menyolder Komponen SMD

Disini saya akan mencoba menerangkan cara menyolder 3 tiga  jenis komponen SMD yang berbeda yaitu resistor dengan nilai 10k, transistor 2N2222 dan Elco 47uf / 16V.  Meskipun mengambil 3 contoh namun itu sudah bisa mewakili banyak komponen sebagai contoh condensator, dioda, led dll itu sama persis dimensinya dengan resistor. Sementara untuk menyolder IC SMD, secara khusus nanti akan dibahas di posting berikutnya .
Gambar 7 - PCB Untuk Latihan Menyolder SMD
Sebagai media-contoh untuk menyolder saya siapkan dari PCB biasa, yang jalurnya diperpanjang  untuk  keperluan pengujian dan pengukuran setelah komponen terpasang.
Anda juga bisa membuat PCB seperti diatas sebagai media latihan tentu saja dengan menambah pad atau tempat kaki komponen [selanjutnya akan ditulis 'pad' saja] di PCB lebih banyak supaya bisa menyolder lebih banyak komponen dengan demikian anda bisa lebih banyak berlatih .

Cara Menyolder Resistor SMD

1. Ambil timah cair sedikit aja dengan alat  lalu oleskan ke pad, jangan terlalu banyak satu tetes / satu oles  sudah cukup, oleskan timah cair dikedua pad.
Gambar 8 - Mengoleskan Timah Cair di Pad
Gambar 9 - Timah Cair di Pad
2. Tempatkan komponen dengan bantuan pinset di pad yang telah di beri timah cair tadi dan setelah menempel  atur kembali dengan pinset supaya lurus dan tepat ke pad.
Gambar 10 - Menempatkan Komponen di Pad
3. Tekan ditengah tengah komponen dan tahan resistor dengan pinset lalu letakan solder disisi samping pertemuan antara komponen dan pad kemudian solder  tekan sedikit,  tahan sampai timah cair yang asalnya berwarna abu berubah menjadi timah  putih bening [seperti timah biasa] kira kira memerlukan waktu 3 - 5 detik dengan solder yang saya pakai 40W . Jangan terlalu lama bisa merusak komponen.
Gambar 11 - Menyolder Komponen
4. Lakukan hal sama di sisi komponen lainnya dengan komponen masih ditahan dengan pinset.
5. Selesai dan komponen siap diuji.
Gambar 12 - Komponen Merekat Sempurna di PCB
Gambar 13 - Komponen di Uji dengan DMM
Cara Menyolder Transistor SMD

Cara Menyolder transistor hampir sama dengan cara diatas yang sedikit membedakan adalah usahakan jumlah timah cair yang di oleskan lebih sedikit dari  pada yang di oleskan di pad resistor.
Lakukan urut urutan pekerjaan menyolder transisitor seperti urut urutan pekerjaan menyolder resistor diatas sampai selesai.
Gambar 14 - Timah Cair di Pad Transistor
Timah cair di Gambar 14 sebenarnya terlalu banyak usahakan sesedikit mungkin karena kaki transistor lebih kecil dibandingkan dengan kaki resistor dan andai setelah menyolder dirasa kurang kita  bisa menambah timah dan solder kembali kemudian.
Gambar 15 - Transistor Merekat Sempurna di Pad
Kita coba sekarang uji apakah hasil solderan sempurna dan saya memakai alat uji transistor "Transistor Tester dengan Joule Thief" yang sudah saya posting sebelumnya.
Gambar 16 - Transistor  Tester dengan Joule Thief
Gambar 17 - Menguji SMD dengan  Transistor  Tester dengan Joule Thief
Cara Menyolder  Electrolit Condensator [ Elco ] SMD

Cara menyolder elco pun sama saja yang berbeda adalah selain pad yang di beri timah cair oleskan juga timah cair ke kedua kaki elco, mengapa demikian ? karena kaki elco tersembunyi dan bentuk kaki memanjang sehingga untuk mencegah kekurangan timah ditambahkan di kaki elco tersebut. Lakukan urut urutan pekerjaan menyolder elco seperti urut urutan pekerjaan menyolder resistor sampai selesai.
Gambar 18 -  Timah Cair di Pad Dan di Kaki Elco
Gambar 19 -  Menyolder Elco
Cara menyolder Elco adalah dengan meletakan mata solder ditengah bawah komponen disitu terdapat ujung kaki elko yang menonjol keluar sedikit. Tahan agak lama sedikit  karena bidang padnya lebih lebar dari pada untuk resistor dan transistor sehingga memerlukan panas yang lebih.
Gambar 20 -  Elco Terpasang di PCB
Setelah disolder di kedua kaki komponen  kita coba uji apakah solderan menempel sempurna di pad.
Gambar 21 -  Elco Diuji dengan DMM
Penutup

Mungkin solderan anda hasilnya tidak rapih namun jangan khawatir, jika anda nantinya menyolder di PCB sebenarnya, hasilnya akan jauh lebih sempurna karena pad dibatasi oleh masking sehingga timah cair tidak akan melebar dan tidak akan menempel di jalur PCB, timah hanya akan menempati pad saja.
Gambar 22 -  PCB Bagian Belakang dengan Masking
Sedikit kabar baik buat anda, pada dasarnya kompen SMD sedikit lebih tahan terhadap panas tidak seperti komponen biasa sehingga anda bisa sedikit leluasa dalam menyolder tanpa takut komponen gosong he3x tapi tetap menyolder cepat tentu lebih baik untuk mengurangi resiko kerusakan komponen. Anda hanya tinggal mengatur banyaknya timah cair yang dioleskan juga konsentrasi menjaga agar komponen tepat di pad-nya.
So pemirsah yang budiman menyolder SMD tidaklah sesulit yang anda bayangkan malah menurut saya sangat menyenangkan.

Yang mungkin Anda Cari
Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 19.22

12 komentar:

  1. Matur nuwun, postingane manfaat banget...

    BalasHapus
  2. mksih kang...manfaat bnget buat saya

    BalasHapus
  3. Wah keren nih... boleh tau timah cair harganya berapaan ? apakah mahal? trims sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman sy sewaktu jadi Panasonic SMT engineer, solder paste brand Loctite yg paling bagus, harganya sekitar US$ 96 per container/botol isi 500 gr, entah sekarang....

      Hapus
  4. Makasih sudah kasih ilmunya min, sip ini
    https://cody.id/produk/blower-infrared/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === jASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    BalasHapus
  5. gan,, mau tanya dong.. kalo misal mesin yang pakai komponen smd lalu diganti dengan komponen biasa.. bisa gag yaa?

    BalasHapus
  6. thanks bro...ilmunya smg berkah....amiin

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel