test
Loading...

MEMBUAT SENDIRI USBASP

Tak diragukan usbasp memang boleh dibilang merupakan AVR downloader paling populer dan juga didukung banyak software programer sehingga pengguna bahkan pemula sekalipun tidak akan kesulitan menggunakan downloader ini.
Gambar 1 - Hot Item Usbasp SSB02
Sedikit membahas apa itu downloader saya akan menerangkan dengan pendekatan praktis karena saya bukan dari kalangan akademis.
Downloader adalah [alat] jembatan untuk memasukan program dari komputer baik itu laptop ataupun PC ke IC mikrokontroler. Program itu bisa berupa bootloader, firmware ataupun program perintah biasa.
Dalam hubungannya dengan Arduino,  downloader dalam hal ini usbasp adalah untuk memasukan atau menanamkan bootloader arduino ke dalam IC mikrokontroler [atmega] sehingga nantinya siap menerima perintah yang ditulis sebelumnya sket arduino. 
Sedangkan apa itu bootloader, sekali lagi saya akan menerangkan dengan pendekatan praktis, para pakar dan senior mengibaratkan bootloader dengan kernel kalau di komputer,  mungkin banyak orang yang tidak tahu apa itu kernel [saya juga tidak paham he3x]. Saya menerangkan dengan lebih simpel dan mungkin lebih bisa dipahami secara umum,  downloader itu semacam sistem operasi seperti halnya Windows, linux, android  atau yang lainya artinya yang memungkinkan perangkat bisa menerima berbagai macam perintah dan tentunya selama perintah itu di kenali oleh sistem operasinya. 
Banyak beredar usbasp dan dijual yang sudah jadi yang pada umumnya memakai komponen smd anda tinggal pilih yang anda suka, namun rasanya  tidak afdol dan tidak sah jadi mikrotronika mania apabila tidak membuat sendiri,  namun kalau kita menggunakan smd saya rasa banyak pemirsah yang kesulitan baik dengan ketersediaan komponen maupun cara menyoldernya, maka dari itu saya memilih untuk membuat sendiri usbasp menggunakan komponen biasa dengan komponen utama atmega8  dengan harapan semua orang bisa mengikuti membuat sendiri usbasp.

Skema USBasp

Skema ini didasarkan kepada usbasp dari Thomas Fischl di situsnya  yang memang pionir atau pendahulu  untuk urusan usbasp.Tidak terlalu banyak yang dirubah hanya beberapa komponen yang menjadi optional / pilihan boleh dipakai boleh tidak, lengkapnya anda bisa baca di bawah dibagian 'Merakit Usbasp'.
Gambar 2 - Skema Usbasp ssb02
 Self programing dipakai apabila rangkaian ini perperan sebagai victim / korban / target programer seperti di isi firmware atau upgrade firmware. Sementara jumper slow clock disambungkan apabila kita sedang burning fresh avr atau programing di ic yang masih baru dan seting fuse bit dan . Slow clock juga dipakai apabila kita menginginkan pemograman dilakukan dengan mode lambat dengan pertimbangan diharapkan program tertanam sempurna  di mikrokontroler.

Komponen

Komponen yang dibutuhkan adalah :
- PCB single side atau stripboard
- Atmega8 with firmware usbasp inside
- soket IC 28 pin
- Resistor 10 k  1 buah [optional]
- Resistor 1 k 2 buah
- Resistor 68 ohm 2 buah
- Resitor 2k2 1 buah
- kapasitor keramik 22 pf 2 buah [optional]
- kapasitor MKT 100 n 1buah
- Crystal 12 MHz 1 buah
- Dioda zener 3V6 2 buah [optional]
- Led biasa warna merah [untuk power supply] 1 buah
- Led super bright warna bebas [untuk keadaan busy] 1 buah
- Konektor usb male 1 buah
- Box header 10 pin  1 buah
- Pin header male 1x40 siku 1 buah [yang dibutuhkan hanya 1x4 pin]

Keterangan :
Resitor menggunakan 1/4 W metal film
Optional : boleh  digunakan boleh tidak [ keterangan lengkap di bawah dibagian "Merakit Usbasp" ]

Usbasp in stripboard

Pada awalnya saya mencoba di stripboard anda pun bisa mencobanya saya tidak akan ulas cara  membuat dengan stripboard disini anda tinggal lihat gambar dan mengikuti skema. Sebenarnya rangkaian usbasp ini tergolong sederhana tidak berbeda jauh dengan rangkaian arduino jadi anda tidak akan menemui kendala bila membuatnya di stripboard bahkan anda bisa membuatnya  di breadboard. Kalau di breadboard sih saya tidak menyarankan terkecuali hanya untuk percobaan saja, bahkan saya pribadi lebih suka percobaan pun dibuat di stripboard seperti anda lihat di gambar 3.
Gambar 3 - Usbasp in Stripboard First Attempt
Gambar 4 - Usbasp in Stripboard Second Attempt
 Usbasp in PCB Single Side Board

Karena ingin lebih permanen saya melanjutkan dengan membuat usbasp di pcb single side board [ssb] atau pcb satu sisi dan dari pada orang manggilnya "Hey  !!! "  saya beri nama saja usbasp ssb02.
Ternyata membuat di pcb lebih mudah dan hasilnya jauh lebih rapi bila kita dibandingkan dengan di stripboard serta mengurangi tingkat kesalahan. Anda tinggal mengikuti jalur yang saya buat dengan hasil akhir dimensinya sangat kecil. Atau kalau anda ingin mencoba jalur sendiri silahkan anda berkreasi.
Gambar 5 -  PCB Usbasp SSB02
Gambar 6 -  PCB Usbasp SSB02
Merakit Usbasp

Semua komponen di pasang terkecuali ada beberapa komponen pilihan boleh di pasang kalau pun tidak dipasang tidak apa apa. Komponen tersebut adalah 2 buah dioda zener 3,6V, R1 10k [reset]  dan kapasitor keramik 22pf. Saya sendiri memilih untuk tidak memasang komponen yang saya sebut diatas. Selama ujicoba dan selama praktek hingga kini  tidak menemui kendala dengan hilangnya komponen tersebut.
Gambar 7 - Rangkaian Usbasp SSB02 dengan Pin Header Soket IC
Gambar 8 - Rangkaian Usbasp SSB02 dengan Atmega8
Yang sedikit harus mendapat perhatian adalah konektor usb male / jantan, karena sejatinya komponen tersebut smd untuk dipasang di pcb double side [ds] bukan untuk di pcb ssb, jadi kaki konektor tersebut pendek namun masih keluar dipad agar lebih keluar lagi kaki konektor usb tersebut berikut trik pemasangan dan cara penyolderannya.

Cara memasang konektor usb adalah :
Masukan konektor dibagian komponen kedalam lubang pad, setelah terpasang atur, rapihkan dan tekan kaki konektor usb dengan menggunakan obeng kecil agar kaki konektor usb bisa masuk  lebih dalam sehingga kaki konektor usb akan menonjol lebih keluar lagi di bagian sisi jalur.
Gambar 9 - Menekan Kaki Konektor Usb Male
Gambar 10 - Kaki Konektor Usb Male di Bagian Jalur
Cara menyoldernya konektor usb :
adalah dengan meletakan terlebih dahulu ujung mata solder di kaki konektor usb / atau di tengah tengah lubang pad [bukan menempelkan mata solder di pad pcb] baru di tambahkan timah,  sehingga timah menempel dulu dikaki konektor baru menyebar ke pad pcb. Kalau anda menyoder dengan cara meletakan mata solder di pad pcb beresiko timah tidak menempel di kaki konektor.
Gambar 11 - Cara Salah  Meletakan Mata Solder di Pad
Gambar 12 - Cara yang Benar Meletakan Mata Solder di Kaki Konektor Usb / di Lubang Pad
Gambar 13 - Gambar Timah Merekat Sempurna
 IC ATMega8 harus berisi firmware usbasp, anda bisa pinjam atau minta batuan teman yang punya usbasp untuk menanamkan firmware usbasp kedalam ATMega8 anda,  sementara firmwarenya dan drivernya  bisa anda download di situs resminya langsung disini.

Apa itu firmware ? firmware adalah program yang ditanam ke mikrokontroler yang memberi  tugas spesifik atau tugas khusus   kepada mikrokontroler contoh  :  firmware usbasp hanya ditugaskan atau digunakan untuk downloader atau menanamkan program di atmega [mikrokontroler keluaran atmel],  sekarang apa coba  bedanya firmware dengan bootloader Pemirsah ?
Gambar 14 - Usbasp In Stripboard [kiri] dan Usbasp in Single Side Board [kanan]
Gambar 15 - Usbasp SSB02 In Action
Merakit

Kalau anda kesulitan membuat pcb atau lagi enggan bin males membuat pcb, tenang don't panic apalagi histeris, saya bantu menyediakan PCB dengan catatan selama anda masih punya niat dan semangat membuat sendiri tentunya, anda tinggal mengerjakan ke bagian yang paling seru yaitu solder menyolder  [ he3x ].
Gambar 16 - PCB Usbasp SSB02 Bagian Depan
Gambar 17 - PCB Usbasp SSB02 Bagian Belakang
Gambar 18 - PCB Usbasp SSB02
Seperti halnya pcb otoduino MiniMax, bahan pcb usbasp ssb02 yang saya buat  juga memakai bahan FR4 atau komposit atau fiber sehingga kualitas bahan dijamin karena lebih baik dari pcb fertinak / FR2 yang biasa kita pakai dan yang umum dipergunakan. FR4 juga terkenal karena jalurnya kuat sehingga meskipun sangat tipis [0,44 mm] namun tidak akan copot kena panas solder. Ketebalan 1,6 mm sehingga cukup kuat dan tidak mudah patah apalagi melengkung dan meskipun jalur sangat tipis namun kuat. Dimensi pcb panjang 6,698 Cm dengan lebar 2,222 Cm, cukup kecil pemirsah.
Soal menampilan dan jalur juga diperhatikan agar ganteng bin maco, depan memakai block putih  sebelum lettering dan dibagian jalur memakai masking warna hitam dengan filosofi :
1. putih melambangkan bersih hati, hitam melambangkan jantan dan semangat [ perasaan filosfi umum  he3x]
2. warna hitam dan putih adalah pasangan warna abadi [filosofi lebay]
 
Secara keseluruhan meskipun memakai komponen biasa dan atmega8 yang lumayan bongsor [28 pin] namun pcb ini sangat kecil  kalau kita mengukur tinggi / panjang dari ujung keujung antara usbasp ss02 dengan usbasp smd yang biasa dijual itu  beti alias beda tipis bahkan kalau lebarnya  betiba alias beda tipis banget anda bisa melihat perbandingannya foto dibawah ini.
Gambar 19 - Perbandingan Dimensi Antara Usbasp SMD [kiri] dan Usbasp SSB02 [kanan]
Well people tunggu apalagi ?  pack your compponent, set your gear and start build your own usbasp. Tidak ada lagi yang lebih memuaskan batin ketika hasil jerih payah kita bekerja maksimal  dan berguna pemirsah. good luck people !!! 


gambar 20 - Ini Usbasp Ku, Mana Usbasp Mu ?

Yang mungkin Anda Cari


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 12.40

26 komentar:

  1. Kang klo atmega8nya pake program isp arduino bukan asp bisa g kang ?

    BalasHapus
  2. Oh iya klo pake atmega 328 terus pake xtal 16 mhz apakah bisa kang ?

    BalasHapus
  3. Oh iya klo pake atmega 328 terus pake xtal 16 mhz apakah bisa kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum coba kang,, tapi saya rasa 1 . gk bisa karena firmware nya tdk ada untuk atmega328... 2. buat apa pake 328 kan lebih murah atmega8 kang he3x

      Hapus
  4. Kang klo atmega8nya pake program isp arduino bukan asp bisa g kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. atmega8 pake firmware usbisp belum saya juga kang.. tapi kalau pake attiny2313 dengan firmware usbisp berjalan dengan baik kang

      Hapus
  5. Balasan
    1. sdh transfer n alamat lengkap sdh di email om,, mohon segera di proses

      Hapus
    2. sdh di proses kang di tunggu saja paket otw, mksh

      Hapus
  6. kang bisa minta layout eaglenya ga kirim ke tonialmeidi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kang filenya kehapus saat pembuatan negatif film untuk pcb, kalau mau ada juga file pdf nya

      Hapus
  7. muhun kang teu sawios, kangge tugas dipiwarang ngadamel usbasp, kirim ka tonialmeidi@gmail.com hatur nuhun

    BalasHapus
  8. Haturnuhun kang, upami "usb not reconigzed" masalahna tinu naon nya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aya sabaraha sebab kang :
      1. jalur dan nilai komponen 'inlet' pastikan benar, R1 - 3
      2. coba lepas dulu R6 : [reset]
      3. crystal gunakan 12Mhz
      4. firmware eror atau tidak burning tidak sempurna

      Hapus
  9. kang, mau tanya itu perlu driver lagi gak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kalau sebelumnya pernah install driver ya berarti gk perlu instal lagi.
      2.semua programer usbasp itu sama drivernya kang

      Hapus
  10. buat PCB dimana kang, bagus amat seperti buatan pabrik.

    BalasHapus
  11. buat PCB dimana kang, bagus amat seperti buatan pabrik.

    BalasHapus
  12. minta file layout pdf nya um kalau boleh, syihabuc@gmail.com
    thanks sebelumnya buat ilmunya

    BalasHapus
  13. minta file layout pdf nya kang kalau boleh, kirim ke email ini kang; widhi.wirawan19@gmail.com
    terimakasih buat ilmunya

    BalasHapus
  14. minta kontaknya mau beli kang

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel