test
Loading...

MEMPERBAIKI SOLDER YANG RUSAK

Dijaman sekarang ini sudah lumrah orang membuang barang yang rusak padahal banyak barang  yang masih bisa diperbaiki bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa meminta bantuan tukang ataupun ahli perbaikan. Disisi lain juga sama sekali tidak ada nilai edukasinya dengan membuang barang yang rusak tanpa analisa kerusakan terlebih dahulu, dengan memperbaiki sesuatu barang yg rusak kita makin pintar dan makin banyak pengalaman serta ikut berpartisipasi program daur ulang.
Salah satu contoh barang yang dekat dengan pekerjaan atau hobi kita yang  bisa kita perbaiki sendiri adalah solder, hampir dapat dipastikan begitu solder rusak kita langsung membuangnya dan beli yang baru, padahal kerusakan solder  99% bisa kita perbaiki sendiri.
Gambar 1 - Memperbaiki Solder yang Rusak

Analisa Kerusakan Solder
Secara umum kerusakan solder hanya dua  di kabel kelistrikan dan di elemen.
Cara mengecek kedua kerusakan tersebut cukup sederhana. Ketika kita mendapati solder tidak panas yang anda harus lakukan adalah :
1. Ukur terlebih dengan multi tester kedua kaki  steker  apakah ada sambungan atau tidak. Kalau ada sambungan berarti bukan solder yang rusak mungkin stop kontak atau jaringan listrik dirumah anda mengalami gangguan. Namun bila tidak ada sambungan lanjutkan pemeriksaan ke tahap dua

Gambar 2 - Memeriksa Steker Solder
2. Buka body solder dan arahkan mata kita ke sambungan kabel listrik dengan elemen lalu lepaskan sambungan tersebut. Ukur / periksa kabel listrik dengan cara ukur masing ujung kabel dengan steker. Kalau salah satu kabel putus atau keduanya putus berarti anda cukup mengganti kabel saja. Namun bila kabel tidak ada yang putus lanjut kan ke poin berikutnya.
Gambar 3 - Memeriksa Kabel Solder
3.  Kemudian ukur kedua ujung elemen tersebut apakah ada sambungan atau tidak ?, dan hampir dapat dipastikan kedua ujung elemen tersebut  tidak  menyambung. Dan anda tinggal mengganti elemen yang rusak tersebut tersebut.
Gambar 4 - Memeriksa Elemen Solder


Mengganti Elemen Solder
Bentuk dan ukuran Solder  bermacam macam mulai dari yang tradisional  bentuknya seperti obeng dan ada juga yang seperti pistol dan masih banyak yang lainnya. Namun pada prinsipnya yang anda harus lakukan untuk mengganti elemen adalah A. membuka body / cassing solder untuk melepaskan sambungan antara kabel listrik dan elemen serta B. membuka Elemen,  hanya itu saja. Secara rinci berikut dibawah ini paparannya :

Sebagai contoh  ilustrasi saya akan mengganti elemen solder tradisional :
1. Siapkan  elemen baru, pastikan saat membeli ukuran dan  daya sama dengan yang rusak, untuk lebih aman nya anda bawa solder pada saat membeli elemen.

Gambar 5 - Elemen Solder

 Informasi komponen lanjutan bisa dilihat dihalaman ini

2. Buka baut pengikat mata solder dan pengikat elemen (1) lalu keluarkan mata soldernya. Buka juga baut pengikat selongsongan / tube tempat elemen (2)
Gambar 6 - Membuka Solder

3. Buka body solder lepaskan sambungan antara kabel listrik dengan kabel elemen (2). Buka baut penahan selongsongan / tube tempat elemen  (1) kemudian  lepas semua bagian solder.

Gamar 7 - Membuka Solder
4. Lepaskan elemen solder yang rusak dengan cara menarik keluar dan masukan elemen yang baru kemudian masukan mata solder dan pasang dua baut penahan mata solder dan elemen.

Gambar 8 - Mengganti Elemen Solder
5. Sambungkan ujung elemen dan kabel listrik, dan rakit kembali semua bagian dan pasang semua baut  seperti semula.
6. Selesai dan solder siap anda pakai kembali.


Biaya penggantian ini tidak lebih dari 5k  bandingkan bila anda membeli solder yang baru, belum lagi nilai kepuasan yang bisa anda dapatkan apabila berhasil memperbaiki.  Akhir kata Kobarkan terus semangat menyelamatkan dunia dari tumpukan sampah, daur ulang sebanyak banyaknya barang tak terpakai dirumah anda.

Yang mungkin Anda Cari



Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 01.41

13 komentar:

  1. Untuk beli element soldernya dimana ya? Di kota saya nda ada yg jual,

    BalasHapus
  2. gan ada contoh cara buat lilitan soldernya ga soalnya saya pernah coba konslet

    BalasHapus
  3. knp muncul warna merah di bagian body solder ??? padahal tiap di ganti gt terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lilitan kawat yg d elemen ny harus d lapis almunium poil mas biar tdk gesekan sm body solder ny

      Hapus
  4. Duh repot juga yah..awam nih kelistrikan

    BalasHapus
  5. Duh repot juga yah..awam nih kelistrikan

    BalasHapus
  6. Gila gw udh abis 3 solder baru beli saya pakai seharian buat kerja ehh besoknya mati ngk pnas

    BalasHapus
  7. Coba cara membuat lilitannya mas

    BalasHapus
  8. Elemen solder nya tinggal pasang apa harus ditambahin alumunium foil gan?

    BalasHapus

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel