test
Loading...

ARDUINO DENGAN ATMEGA16/32/8535 - OTODUINO BIG BOY

Meskipun atmega328 dan saudaranya boleh dibilang cukup lengkap namun seringkali kita kekurangan pin, ada versi terbaru arduino dengan MEGA2560 namun harganya masih cukup mahal, mungkin pilihan lain kita bisa menggunakan atmega dengan 40pin seperti atmega16/32/8535  dari varian tersebut boleh dibilang atmega16 yang paling murah harganya jadi kita bisa andal kan untuk projeck microcontroler. Namun demikian arduino tidak menyediakan board untuk masing-masing atmega 40 pin tersebut,  jangan panik bin khawatir pemirsah,masih bisa diakali ,diutak  and diatik. Setidaknya ada dua cara untuk meng-arduino-kan atmega 40 pin tersebut, dengan atau tanpa bootloader arduino.
Gambar 1 - otoduinoBigBoy
Skema dan Rangkaian OtoduinoBigBoy

Untuk dapat menggunakan arduino dengan atmega16 anda membutuhkan sistim minimum. Untuk membuat rangkaian anda bisa menggunakan breadboard [tidak disarankan], menggunakan PCB stripboard [pcb garis] atau anda bisa membuat di pcb single side board yang di proses etching. Mencegah salah sebut saya beri nama saja minsis ini dengan otoduinoBigBoy.

Gambar 2 - Skema otoduinoBigBoy
Gambar 3 - PCB otoduinoBigBoy
File

Seperti yang telah saya sebutkan diatas  kita akan memprogram atmega16 dengan atau tanpa bootloader arduino, namun keduanya pengaturan fusebitnya sama dan kali ini saya hanya akan memberikan tutorial dengan bootloader di halaman terpisah nanti akan saya berikan tutorial atmega16 tanpa bootloader arduino.

Saya menemukan bootloader arduino untuk atmega16 di blog gelatino dan saya bagikan kembali kepada pemirsah dengan sedikit keterangan  lebih rinci agar pemula sekalipun bisa mencobanya.

Menambah board arduino dengan atmega16, tentu saja menambah komponen hardware di folder arduino, untuk itu anda memerlukan bootloader, variant, board.txt dan sebagainya, semua file tersebut silahkan anda unduh disini bila sudah anda unduh kemudian extract.

Anda bisa menambah kan komponen hardware yang anda extract tadi  di folder arduino [ lihat dan perhatikan folder arduino yang anda pakai saat ini]. Namun cara tersebut saya tidak saya sarankan apalagi untuk yang belum terbiasa dan pemula, saya merekomendasikan untuk membuat dua buah folder arduino
  1.  Arduino yang kini anda pakai [saya sendiri saat ini memakai arduino 1.6.7]
  2. Arduino untuk atmega16/32/8535, dalam contoh saya beri nama folder arduino 1.6.7.otoduinoBigBoy
Cara membuatnya Copy dan paste folder arduinio dan ganti menjadi arduino OtoduinoBigBoy [contoh],  jadi kini anda mempunyai dua folder  arduino.

Bila anda akan memakai board otoduinoBigBoy maka anda pakai arduino otoduinoBigBoy dan bila anda memakai otoduinoMinimax atau arduino uno, pro mini dan sebagainya maka anda pakai ide arduino 1.6.7 biasa.
Gambar 4 - Dua Folder Arduino
Langkah selanjutnya, timpa /ganti  seluruh isi  folder
C:\Program Files\arduino-1.6.7.otoduinoBigboy\hardware
dengan file yang telah di extract tadi.
Gambar 5 - Mengganti Folder Hardware
Setting Fuse Bit n Burning Bootloader

Siapkan downloader dalam contoh saya memakai otoduino SSB02 dan software downloader sinaprog [recomended].
Seting fuse bit terlebih dahulu. Seting sesuai dengan keterangan dibawah Apabila avr yang anda gunakan fresh atau masih baru gunakan mode slow clock / pasang jumper slow clock di usbasp ssb02 anda.
Setting fuse bit :
    ATmega 8535 : Low = 0xCF
                              High = 0xD9
    ATmega 16     : Low = 0xFF
                              High = 0xDC
                              Lock bit = 3F
   ATmega 32      : Low = 0xEF
                              High = 0x89
Gambar 6 - Setting Fuse Bit dengan Sinaprog
Kemudian :
Tahap berikutnya menanamkan bootloader arduino ke atmega16. File hex bootloadernya nya ada di :
C:\Program Files\arduino-1.6.7.otoduinoBigboy/hardware/arduino/avr/bootloaders/optiboot/optiboot_atmega16.hex 
Gambar 7a - Burning Bootloader dengan Sinaprog
Gambar 7b - Burning Bootloader dengan Sinaprog
 
Setelah bootloader arduino tertanam itu baru anda buka IDE arduino-1.6.7.otoduinoBigboy anda bisa lihat boardnya kini hanya ada 4 yaitu gelatino 16/32/128 dan 162 dan lakukan setting board dan port yang dipakai untuk serial to ttl kemuddian anda bisa mencoba ‘blink’ dan sket tidak perlu di edit karena otoduinoBigBoy telah dilengkapi dengan led yang terhubung kekaki D13.

Gambar 8 - Setting and Uploading
Well done pemirsah u doing great job...

PCB Ready !!!!!

Kalau anda sedikit malas [he3x]  buat sendiri minimum sytem Atmega16/32/8535,  don't worry be happy saya punya persediaan untuk anda  modul otoduinoBigBoy - minimum system untuk atmega16/32/8535, memang kali ini ini saya tidak menyediakan PCB nya karena sangat limited alias jumlahnya terbatas.
Gambar 9 - otoduinoBigBoy
Kalau anda ingin informasi lebih, profile product  silahkan anda baca di halaman ini


Yang mungkin Anda Cari


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 12.26

3 komentar:

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel