test
Loading...

MEMBUAT FILE HEX DARI IDE ARDUINO

Sebenarnya posting ini lanjutan dari arduino dengan atmega16/32/8535 tanpa booloader  nah kini kita akan memprogram avr di luar ide arduino atau dengan kata lain akan menanam program di software downloader dan disini saya memakai sinaprog sebagai contoh.
Gambar 1 - Merubah File Hex di Arduino
Meskipun kita akan upload program diluar ide arduino namun tetap kita memerlukan ide arduino untuk membuat sket yang kemudian di konversi menjadi file hex. Jadi ide arduino hanya dipakai untuk menulis sket/program saja. 
// istilah upload program hanya dipakai di arduino sementara istilah umum yang  dipergunakan adalah download  //
Langsung kepermasalahan, saya memakai arduino versi 1.6.7, kalau anda memakai ide arduino versi 1.0 keatas caranya tidak jauh berbeda, cara membuatnya silahkan simak ulasan dibawah ini.

Membuat File Hex

Buka ide arduino anda kita coba dengan sket yang sudah ada yaitu 'blink' lakukan tanpa board karena proses ini hanya 'verify / compile' tanpa 'uploading'. Buka 'Preferences' yang ada di tab 'File' kemudian pada baris "show  verbose ouput during  : " beri centang di kotak   compile  yang artinya kita akan melakukan proses verify/compile sambil  merubah menjadi file hex dan akhiri dengan klik Ok.
Lanjutkan proses verify/complie dengan meng-klik verify   dan akan muncul tulisan-tulisan bergerak dibawah tunggu sampai proses selesai. Lalu anda cari bagian seperti ini :
C:\Users\INTEL\AppData\Local\Temp\build0b5bd773b5c7333fd5bd163f2b59b38f.tmp/ Blink.ino.hex
Gambar 2 - Preferences
Gambar 3 - Preferences
Gambar 4 - Blink.ino.hex
Bila sudah ketemu sekarang cari di folder mana letak file 'Blink.ino.hex' ini berada, sulit bukan ?  belum lagi file tersebut terletak di folder yang disembunyikan [hide and protect].
Cara yang mudah mencarinya adalah copy  tulisan 
C:\Users\INTEL\AppData\Local\Temp\build0b5bd773b5c7333fd5bd163f2b59b38f.tmp/
ingat tanpa blink.ino.hex lalu buka windows explorer dan pastekan di bagian atas [lihat gambar 6] kemudian enter..... taraaaaaaaa... anda akan menuju ke folder dimana file tersebut berada.
Supaya kita mudah mencarinya buat folder baru di partisi data  D:/Hex file [contoh]  pindahkan [cut] file Blink.ino.hex ke folder yang tadi kita buat. Selesai sudah proses membuat file hex di ide arduino.
Gambar 5 - Copy Blink.ino.hex
Gambar 6 - Paste di Windows Explorer
Sekarang kita melanjutkan ke programing/menanamkan file hex blink tadi ke otoduinoBigboy [contoh].
Kita mebutuhkan sinaprog [software] dan downloader/usbasp [usbasp ssb02],  buka sinaprog lalu atur avr dan sebagainya  lalu cari dimana program blink.ino.hex tadi berada lalu klik programs. Selesai...
Gambar 7 - Burning Blink dengan sinaprog
Jadi setelah file hex tercipta, kita bisa kapan saja dan  ke avr mana saja [asal sejenis] kita akan tanam programs [blink] tanpa harus membuka ide arduino.
Komunikasi Serial

Seperti biasa kita coba komunikasi serial, apakah port tx dan rx bekerja ? Pada proses ini kita membutuhkan downloader / usbasp [usbasp ssb02] dan serial to ttl [terserah jenis apa yang anda pakai sekarang ini].
Buka lagi ide arduino dan  masukan kode :


Lakukan verify seperti cara membuat hex dari blink, lalu file hex-nya simpan dengan nama "uji komunikasi serial" [contoh]  pindah kan juga  ke folder yang sudah dibuat tadi supaya kita gampang mencarinya lalu tanam program uji_komunikasi_serial.hex ke avr dengan sinaprog.
Langkah selanjunya adalah pasang serial to ttl anda ke board otoduinoBigBoy [contoh]. Karena  kita akan mencoba  semua diluar ide arduino maka saya membuat program/aplikasi kecil serial monitor diluar arduino yang saya beri nama Xternal Serial Monitor 0.1 silahkan anda unduh terlebih dahulu disini. 
Sekarang jalankan Xternal Serial Monitor 0.1 yang telah anda unduh tadi dan setting port usb yang anda pakai dan klik 'sambung', lalu ketik di bagian bawah 1 dan enter... kemudian 0 dan enter.. apa yang terjadi Pemirsah ?????
Gambar 8 - Xternal Serial Monitor 0.1

Cara Membuat File Hex di Berbagai Versi IDE Arduino

Untuk membuat file hex di ide arduino berbeda beda cara tergantung versi yang digunakan, namun sebagai acuan dan yang saya biasa lakukan adalah ketika kita sudah membuka ide arduino cek  dengan cara letakan pointer mouse di 'upload' [jangan di klik]   kemudian tekan shift  kalau muncul tulisan  "uploading using programmer" berarti verbose ada di preferences. Ini biasa di ide 1.0 keatas, maka lakukan membuat file hex dengan cara seperti yang saya paparkan di atas.
Namun versi dibawah 1.0 biasanya ketika pointer mouse diletakan di 'Upload' dan shift ditekan maka akan muncul tulisan "verift [w/ verbose..... ]. Maka untuk membuat file hex lakukan dengan cara tersebut yaitu letakan pointer mouse di "Upload" sambil tekan "Shift"  kemudian klik, jadi tidak usah membuka Preferences.
Gambar 9 - Uploading Using Programers
Gambar 10 - Verify [W/ Verbose Output]
Modul Sistem Minimum ATMEGA16/32/8535 - arduino   READYYYYY!!!!

Bila anda membutuhkan sistem minimum  untuk atmega16/32/8535 saya telah siapkan stok untuk anda, kini  tinggal konsentrasi ke coding n project tanpa harus repot-repot memikirkan membuat PCB atau rumitnya kabel sismin di breadboard.
Gambar 11 - OtoduinoBigBoy

Untuk melihat profile product serta info lengkap  silahkan lihat disni


Yang mungkin Anda Cari


Writen and posted by: hendri tresnahadi - all about my pc - Updated at : 15.41

2 komentar:

Untuk upload foto silahkan gunakan format penulisan :
https://lh3.googleusercontent.com/-nOwXSVh4vfc/VrHFxkM3y4I/AAAAAAAAF74/_judoEq75dA/h28/memasukan%2Bimage.jpg

Supaya rapih lebar foto maksimal 350 pixel